Cara Membuat Kue Putu Tanpa Cetaka Bambu


Kue putu bambu yang bisanya di jual keliling jadi makanan favorit banyak orang. Kue dengan isian gula merah dan disajikan dengan parutan kelapa, bahannya terbilang sederhana karena hanya terdiri dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. 

Cuma sayangnya, cara membuat kue putu bambu ini harus menggunakan cetakan bambu. Namun jangan khawatir, resep kue putu kali ini memberikan alternatif dengan membuat kue putu tanpa bambu. Anda bisa mengantinya dengan cetakan kue mangkok, dan berikut ini cara membuatnya:

Bahan-Bahannya:

  • 500 gram tepung beras
  • 300 ml air panas
  • 2 sendok teh pasta pandan
  • 2 sendok teh garam
  • 400 gram gula merah

Bahan Untuk Taburan:

  • 200 gram kelapa parut
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Kue Putu Tanpa Cetakan Bambu:

  1. Siapkan wadah isi dengan 300 ml air panas, kemudian tambahkan 2 sendok teh pasta pandan lalu aduk hingga tercampur rata. Sisihkan
  2. Siapkan wadah yang cukup besar, masukkan 20 sendok makan tepung beras, 2 sendok teh garam. Masukkan secara bertahap campuran air panas dan pasta pandan tadi, masukkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Jika anda ingin mengulen adonan menggunakan tangan tidak masalah asalkan anda sudah cuci tangan. Setelah dicampur, adonan memang tidak menggumpal dan bertekstur pasir.
  4. Siapkan wadah lain dan letakkan saringan, lalu saring adonan supaya halus. Gunakan sendok untuk menekan dan mempermudah proses penghalusan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  5. Iris tipis 400 gram gula merah.
  6. Siapkan 200 gram kelapa parut, 3 lembar daun pandan dan 1 sendok teh garam, aduk rata kemudian kukus selama lebih kurang 10 menit. Setelah 10 menit, tambahkan 3 sendok makan gula pasir dan aduk rata lagi.
  7. Siapkan cetakan kue talam dan olesi dengan minyak goreng, olesi tipis-tipis.
  8. Masukkan adonan yang sudah disaring ke dalam cetakan, isi sampai ½ cetakan, adonan tidak perlu ditekan. Kemudian masukkan irisan gula merah, masukkan secukupnya.
  9. Masukkan lagi adonan hijau hingga cetakan penuh, tidak perlu ditekan cukup diratakan saja menggunakan sendok. Lakukan sampai adonan habis.
  10. Siapkan kukusan dan panaskan, lapisi tutup kukusan menggunakan kain bersih. Jika kukusan sudah panas, masukkan cetakan yang berisi adonan, kukus selama 10-15 menit menggunakan api sedang.
  11. Setelah 10-15 menit, buka tutup kukusan, angkat kue putu dan biarkan hingga suhunya menghangat.
  12. Jika kue putu sudah hangat, keluarkan kue putu dari cetakan. Sajikan kue putu dengan parutan kelapa yang sudah di kukus.


Demikian resep dari Dapur Kristia, selamat mencoba semoga berhasil. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan untuk searching di Dapur Kristia ya.

Baca Juga: Resep Kue Gemblong Ketan Gula Merah

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak