Cara Membuat Acar Mentimun

 
Acar timun mentah merupakan sajian pelengkap yang menyegarkan. Biasanya disajikan ketika makan nasi goreng, martabak telur, mie ayam, sate, mie goreng dan lain sebagainya. Acar yang disajikan biasanya berisi timun dan wortel yang diawetkan bersama cuka dan air garam. Selain menambah kenikmatan sajian kuliner, acar juga sangat bermanfaat untuk menetralisir efek buruk dari kuliner yang kita santap. Acar biasanya dibuat dengan rasa perpaduan asam,  manis dengan sedikit pedas.
 
Acar dibuat dengan cara mengawetkan timun, wortel dalam campuran garam, gula dan juga cuka. Bahan-bahan tersebut dicampur dan dapat bertahan hingga beberapa hari. Bisa dibuat dalam jumlah banyak kemudian disimpan di wadah bersih, tertutup rapat, usahakan selalu menggunakan sendok yang bersih saat menyendok acar, jangan lupa disimpan di kulkas. Cara membuat acar timun cukup mudah dan sederhana. Bahan yang digunakan pun sangat mudah didapat, sehingga dapat membuat sendiri acar timun di rumah. Nah.. tertarik mencoba? Yuk langsung saja simak resepnya berikut ini :
 
Bahan - bahan acar timun wortel :
  • Timun 3 buah
  • Wortel 1 buah
  • Cabai rawit hijau 20 buah
  • Bawang merah 10 siung
  • Gula pasir 3 sdm
  • Garam 1/2 sdm
  • Air hangat 200 ml
  • Cuka 1 sdm

Cara membuat acar timun wortel :

1. Kupas wortel, Cuci bersih timun, wortel, bawang merah dan cabai rawit hijau.
 

2. Potong kotak timun, wortel, bawang merah.
 

3. Siapkan wadah, masukkan gula pasir, garam dan air hangat, aduk merata
Masukkan cuka, aduk merata.
 
 
4. Masukkan timun, wortel, bawang merah dan cabai rawit hijau, aduk merata.
 

5. Taruh di dalam kulkas selama 1 jam. Acar timun mentah siap disajikan.
 


Demikian resep acar timun mentah. Sebagai pelengkap ketika makan nasi goreng, soto, martabak telur dan lain sebagainya. Selamat mencoba semoga berhasil. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan untuk searching di Dapur Kristia ya.


Untuk cara membuat lebih lengkapnya silahkan tonton video berikut ini :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak