Resep Dodol Garut Gula Merah dan Cara Membuatnya


Kue Dodol Garut merupakan makanan khas dari Sunda yang terkenal di  kota Garut provinsi Jawa Barat. Terdapat banyak macam dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya.
 
Dodol picnic adalah jenis dodol yang paling populer dan menjadi salah satu ikon kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya. Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat. Terdapat banyak sekali toko atau warung yang menjajakan dodol sebagai barang dagangannya. Berikut ini resep dan cara membuat salah satu dodol Garut yang banyak dijual.
 

RESEP DODOL GARUT GULA MERAH

Bahan-Bahan yang Untuk Membuat Dodol Garut:
  • 2 kg gula merah, diiris halus
  • 1 kg tepung ketan
  • 2 sdm santan cair
  • 2 ons gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 5 buah kelapa tua (ambil santan kentalnya)
 
Cara Membuat Dodol Garut Yang Enak:
  1. Campurkan tepung ketan, dengan irisan gula merah, kemudian masukan santan cair dan beri sedikit garam.
  2. Setelah itu, rebus campuran tadi hingga mengental lalu tuangkan kembali santan kental dan gula pasir.
  3. Masak terus campuran adonan hingga kental sekali selama kurang lebih 3 ½ jam.
  4. Setelah itu, lanjut dengan menuangkan adonan dodol di atas wadah yang besar yang sudah diberi kertas minyak sebelumnya.
  5. Sesudah dituang, langkah selanjutnya oleskan minyak goreng hingga merata. Setelah itu, dinginkan terlebih dahulu lalu gulung hingga membentuk bulat lonjong seperti bentuk dodol pada umumnya, atau bisa juga sesuai selera Anda.
  6. Langkah terakhir bungkus adonan dodol menggunakan kertas minyak.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda pun sudah siap menyajikan dodol garut untuk sajian keluarga ataupun berbisnis jualan dodol. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat dodol garut ini adalah proses pengadukannya yang membutuhkan keuletan dan kesabaran hingga adonan mengental.

Demikian resep dari Dapur Kristia, selamat mencoba semoga berhasil. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan untuk searching di Dapur Kristia ya.




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak