Cara Menanam Pohon Buah Mangga dengan Mudah


Menanam pohon buah merupakan aktifitas yang sangat bagus untuk kesehatan jiwa maupun lingkungan, apalagi jika pohon yang kita tanam dapat berbuah dengan baik dan bisa di konsumsi, salahsatu pohon atau tanaman buah-buahan yang cukup populer adalah pohon mangga.

Melalui artikel ini saya ingin membagi tips bagaimana cara menanam pohon mangga lebih cepat. pohon mangga sendiri merupakan tanaman asli tropis yang banyak di sukai masyarakat dan memiliki banyak jenis, mulai dari yang berbentuk bulat sampai memanjang, semua jenis buah mangga ini memiliki keuniakan dan rasa yang khas dari masing-masing jenisnya, salah satunya adalah mangga manalagi yang berasal dari wilayah cirebon,indramayu dan sekitarnya.

pada masyarakat korea dan china, mangga bahkan disebut-sebut sebagai buah pemberian dewa dan memiliki harga yang cukup tinggi di daerah jepang, korea dan china. padahal di indonesia buah-buahan ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal, yuk simak cara menanam manga.

1. Memilih Jenis Mangga
Sebelum memulai cara menanam pohon mangga, tentukan terlebih dahulu jenis mangga yang ingin kamu tanam. Perlu kamu ketahui, mangga merupakan tumbuhan tropis yang tentunya sangat sesuai dengan iklim Indonesia. Meski pohon mangga terdiri dari banyak jenis, karaktersitiknya terbilang serupa dan cara penanamannya pun juga sama. Berikut jenis-jenis mangga yang perlu kamu ketahui:
  1. Mangga manalagi
  2. Mangga madu
  3. Mangga gedong gincu
  4. Mangga arumanis
  5. Mangga cengkir indramayu
  6. Mangga alpukat
  7. Mangga golek
  8. Mangga lalijiwo

Pastikan kamu membeli bibit mangga dari petani yang terpercaya agar penanaman berjalan lancar dan tumbuh dengan maksimal.

2. Persiapan Lahan

Kondisi tanah yang baik untuk ditanami pohon mangga adalah tanah yang gembur serta mengandung banyak humus, lebih baik lagi jika tanahnya adalah tanah lempung. Sebelum menanam, kamu harus mempersiapkan lahan tanaman dengan benar supaya hasilnya bisa lebih maksimal dan pohon mangga yang kamu tanam bisa berbuah lebat. Kondisi tanah yang baik untuk ditanami pohon mangga adalah tanah yang gembur serta memiliki banyak kandungan humus. Ikuti langkah menyiapkan lahan berikut ini:

  1. Gali tanah menggunakan cangkul dengan ukuran 1 m x 1 m x 1 m, jarak tanamnya 6 m x 8 m. Diamkan lubang galian selama satu bulan untuk menghilangkan racun tanah
  2. Setelah didiamkan selama satu bulan, tutup lubang galian dengan tanah yang telah dicampur pupuk kandang Lalu diamkan lagi selama dua minggu
  3. Lalu siapkan bibit mangga unggul


3. Proses Penanaman
Persiapan lahan cukup menguji kesabaran, bukan? Justru itulah nikmatnya menanam. Kamu juga sekaligus belajar memperkuat kesabaran dan menikmati proses. Nah, selanjutnya kamu bisa mulai proses penanaman dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Lepaskan bibit mangga dari polybag atau plastik yang membungkus dan pastikan jangan sampai ada sedikitpun plastik yang masih menempel
  2. Gali kembali lahan yang telah disiapkan sebelumnya dengan ukuran kurang lebih 20 cm di atas leher akar
  3. Letakkan bibit di lahan tanam. Lalu tutup kembali lubang galian tersebut, serta jangan lupa untuk menekan tanah galian ke arah tanaman supaya lebih kokoh
  4. Beri naungan dengan posisi miring ke barat agar tidak terlalu banyak terpapar matahari

4. Proses Pemupukan
Pemupukan sangat perlu dilakukan agar pohon mangga tumbuh subur. Ikuti cara-cara pemupukan sebagai berikut:

  1. Di awal musim penghujan, pupuk dengan pupuk kandang dengan cara menggali lubang di sekitar pohon lalu taburi pupuk kandang dan tutup kembali dengan tanah.
  2. Pada usia 2-5 pohon, beri pupuk kandang lagi dengan dosis 30 kg.
  3. Pada usia 6-15 tahun, dosis pupuk kandangnya meningkat menjadi 60 kg.
  4. Bisa juga menggunakan alternatif pupuk lainnya yang telah diberi instruksi khusus tergantung produk pupuk masing-masing.

Demikian cara menanam pohon buah mangga selamat mencoba semogga berhasil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak