Resep Lapis Legit Gulung, Untuk Pemula


Kue lapis legit gulung merupakan makanan khas Indonesia yang banyak dijumpai saat hari raya idul Fitri. Kue lapis legit ini rasanya gurih dan teksturnya lembut. Cara membuatnya juga sangat mudah dan praktis. Tanpa perlu banyak bahan, anda bisa menyajikan kue lapis legit dengan penampilan yang menarik ketika diiris. Berikut ini bahan dan cara membuatnya:

Bahan-Bahan Lapis Legit Gulung:
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanilli
  • 30 gr tepung terigu (sy pakai kunci)
  • 145gr butter ( resep asli 60gr margarin + 85gr butter)
  • 10 kuning telur (pastikan segar)
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdm maizena, ayak semua bahan kering
  • prunes untuk taburan atas

Cara membuat Lapis Legit Gulung:
  1. Mixer hingga lembut butter, sisihkan.
  2. Mixer kuning telur, gula dan vanili hingga mengembang, kental berjejak (sy pakai hand mixer sekitar 8-10 menit).
  3. Masukkan ayakan tepung ke adonan telur, aduk balik hingga rata.
  4. Masukkan butter kocok ke adonan telur.
  5. (saya selalu menggunakan tehnik pancing ya apapun kuenya di bagian yang ini, jadi ambil sedikit adonan telur, masukkan ke butter kocok, aduk merata, kemudian adonan ini tuang ke adonan telur, baru kemudian aduk balik sampai homogen. Menggunakan tehnik pancing ini bertujuan agar adonan butter bisa cepat tercampur rata dengan adonan telur dan tepung, sehingga kita tidak over mix yang menyebabkan adonan akan turun banyak dan kue bantat).
  6. Tuang ke loyang ukuran 22x57cm untuk 1 lapis saja, ratakan, taburi prunes. (kalau ukuran loyang 22x30cm atau 24x24cm tuang separuh adonan)
  7. Panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 menit. Angkat. Kalau dibuat 2 lapis karena ukuran loyang yang ada, maka tuang separuh adonan berikutnya, ratakan, taburi prunes lalu panggang lagi.
  8. Tekan lapis legit dengan penekan khusus lapis legit, kalau tidak punya pakai punggung sendok.
  9. Olesi dengan susu kental manis atau selai sesuai selera, lalu gulung seperti kita membuat bolu gulung, padatkan dan biarkan dingin. Siap dipotong-potong.

Demikian resep dan cara membuat Kue Lapis Legit Gulung. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan  untuk searching di Dapur Kristia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak