Cara Membuat Kue Putu Cangkir, Kue Khas Makassar yang Rasanya Manis


Kue putu ternyata banyak macamnya, salah satunya adalah kue putu cangkir. Kue putu ini pada umumnya terbuat dari bahan tepung beras. Kue putu cangkir khas dari Makassar ini, memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue putu cangkir sendiri terbuat dari bahan sederhana yakni tepung beras biasa, dicampur dengan sedikit tepung beras ketan, terus di aduk-aduk  dengan air gula merah.

Sementara itu isiannya kue putu cengkir adalah kelapa parut. Makanan khas Makassar ini memiliki rasa yang manis dan tipis disertai dengan rasa gurih. Kue putu cangkir sendiri sangat populer di tengah masyarakat Makassar. Kue putu cengkir ini bisa dijadikan sebagai menu sarapan pagi yang disajikan bersama teh maupun kopi. Nah anda mau mencoba membuat kue putu cangkir dirumah berikut ini resep dan cara membuatnya.

Bahan Bahan Kue Putu Cangkir:

  • 250 gram tepung beras
  • 110 gram tepung ketan
  • 120 gram kelapa parut setengah tua
  • 160 ml air
  • 200 gram gula merah
  • 1/2 sdt garam


Cara Membuat Kue Putu Cangkir:

  1. Campurkan gula merah dengan air lalu direbus hingga mendidih. Setelah mendidih airnya saring di wadah lain.
  2. Campurkan tepung beras dan ketan. Tuang air gula tadi ke dalam tepung, aduk hingga bergerindil.
  3. Campurkan kelapa parut dengan garam.
  4. Isi cetakan cangkir (bisa menggunakan cetakan talam) setengah saja, lalu isi dengan kelapa parut. Tutup lagi dengan tepung hingga cetakan penuh.
  5. Siapkan kukusan, kukus putu cangkir kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang. Angkat setelah agak dingin, keluarkan dari cetakannya.
  6. Kue putu cangkir khas Makassar siap dinikmati.


Demikian resep dari Dapur Kristia, selamat mencoba semoga berhasil. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan untuk searching di Dapur Kristia ya.
 

Baca Juga: Cara Membuat Kue Putu Tanpa Cetaka Bambu



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak