Resep Ampyang Kacang Jahe, Gula Merah


Ampyang kacang tanah merupakan jajanan jadul yang masih digemari banyak orang. Di sebagian daerah, ampyang kacang tanah ini juga disebut kue gula kacang atau enting-enting kacang. Sepintas untuk membuatnya sendiri tampak mudah, tapi kalau salah urutan untuk pembuatannya hasilnya lembek dan tidak bisa padat. Untuk membuat ampyang kacang tanah yang padat, ada langkah-langkah yang perlu diikuti. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.
 

RESEP AMPYANG KACANG JAHE

Bahan-Bahannya :
  • 250 gr kacang tanah butiran kecil
  • 150 ml air
  • 5 cm jahe, memarkan
  • 150 gr gula merah, sisir halus
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdm jahe bubuk

Siapkan : Tampah bersih, perciki dengan air matang yang dingin

Cara Membuat Ampyang Kacang Jahe :

  1. Sangrai atau panggang kacang dalam oven dengan api kecil hingga matang dan cukup kering. Sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan jahe, biarkan mendidih lagi. Masukkan gula merah sisir dan gula pasir sambil diaduk hingga mendidih serta gula sudah larut. Angkat, saring.
  3. Didihkan kembali hasil saringan, tambahkan jahe bubuk, aduk dan masak dengan api kecil hingga larutan gula kental dan berambut.
  4. Masukkan kacang tanah, aduk rata. Matikan api kompor. Ambil gula kacang sesendok demi sesendok, letakkan di atas tampah, tipiskan. Biarkan hingga gula kacang mengering.
  5. Dan dimpan di wadah tertutup.

Demikian resep dari Dapur Kristia, selamat mencoba semoga berhasil. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan untuk searching di Dapur Kristia ya.






Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak