Resep Membuat Martabak Manis Bangka


Martabak manis Bangka memang rasanya lezat. Tidak heran banyak orang yang menyukainya. Lembut dan cita rasanya manis membuat siapapun yang pernah makan martabak manis yang satu ini pasti tak bisa melupakannya. Ingin membuat martabak manis bangka? Gampang kok. Kita bisa mencoba membuat resepnya sendiri di rumah. Tidak terlalu rumit, simak resep martabak manis bangka berikut ini.

Bahan Martabak Manis:
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 ml air matang
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sendok makan susu bubuk (opsional)
  • 5 sendok makan margarin
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh ragi instan (fermipan)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • susu kental manis secukupnya


Cara Membuat Martabak Manis:
  1. Pertama-tama campurkan tepung terigu kering, gula pasir, ragi, baking powder, susu bubuk, dan air. Kemudian aduk adonan sampai benar-benar tercampur sempurna dan tidak ada yang menggumpal. Dapat menggunakan mixer agar campuran bahan adonan dapat merata.
  2. Jika anda menggunakan baking powder single acting, diamkan adonan kurang lebih  selama 30 menit. Jika menggunakan baking powder double acting, cukup diamkan selama kurang lebih 5-10 menit saja.
  3. Cairkan 4 sdm margarin, biarkan sampai dingin.
  4. Kocok telur sampai tercampur merata.
  5. Masukkan margarin cair dan telur kedalam adonan, aduk hingga rata.
  6. Panaskan teflon dengan api yang kecil, kemudian tuangkan adonan hingga memenuhi setengah bagian teflon. Goyang-goyangkan loyang teflon agar adonan menempel pada permukaan loyang dan membentuk pinggiran.
  7. Tunggu sampai pinggiran martabak kering dan pada bagian tengahnya mengeluarkan gelembung. Setelah itu taburkan 1 sendok makan gula pasir pada permukaannya.
  8. Kemudian Tutup loyang teflon, dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari kompor.
  9. Selagi martabak masih panas, olesi martabak dengan sisa 1 sendok makan margarin. Tuangi dengan susu kental manis. Dan kemudian potong-potong dan beri topping sesuai selera anda.

Demikian resep dari Dapur Kristia, selamat mencoba semoga berhasil. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan untuk searching di Dapur Kristia ya.
 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak